Dapatkan POTONGAN ONGKIR
kintakun.co.id – Ramadan selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia termasuk para pelaku bisnis. Sebuah laporan menunjukkan bahwa sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini*. Sekitar 80% konsumen digital pun akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023**. Termasuk penjualan Kintakun di Ramadan 2022 yang melesat dengan dukungan Tokopedia Marketing Solutions.
Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadan. “Terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%,” ungkap Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi.
Menyambut Ramadhan yang tinggal menghitung hari, Kintakun sebagai brand lokal Indonesia, berkomitmen dapat terus berinovasi memenuhi kebutuhan konsumen akan perlengkapan tidur.
Pada Kamis, (23/2/2023), Kintakun berkesempatan untuk sharing dalam acara Tokopedia Marketing Solutions tentang Tren Ramadan 2023, yang diwakili oleh Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputra.
Acara ini juga membahas tentang strategi penjualan Kintakun saat Ramadan 2022 yang memanfaatkan tools Tokopedia Marketing Solution. Kintakun menggunakan tools Homepage Banner, Dynamic Channel, Tokopedia Play, TopAds, Tokopedia Display Network dan Marketing Services.
Setengah dari Total Pesanan di Tokopedia Ramadan 2022 Gunakan Bebas Ongkir
Riset Tokopedia tentang tren Ramadan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ke-tiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).
Fesyen, Otomotif dan Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.
Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel dan Kecantikan.
Edwin menambahkan, “Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.”
Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.
TopAds Tokopedia Marketing Solutions Optimalkan Peluang Bisnis di Ramadan
Melihat tren konsumen di Ramadan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions, yang adalah solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’) dan kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).
“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Edwin.
Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).
Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).
Penjualan Kintakun di Ramadan 2022 Melesat dengan Dukungan Tokopedia Marketing Solutions
Pada Ramadan 2022, Kintakun, brand lokal yang bergerak di bidang perlengkapan tidur dan home living, meluncurkan paket eksklusif Kintakun x Ji Changwook di Tokopedia dengan memanfaatkan solusi menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions selama satu bulan penuh. Kintakun menggunakan Homepage Banner, Dynamic Channel, Tokopedia Play, TopAds, Tokopedia Display Network dan Marketing Services.
“Dengan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions, Kintakun mencatat peningkatan pesanan sebesar 52% dan peningkatan pendapatan sebesar 95% selama Ramadan 2022,” ungkap Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputra.
Sementara Garudafood, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, juga menggunakan solusi marketing menyeluruh dari Tokopedia Marketing Solutions, untuk memaksimalkan penjualan dengan hadir di seluruh consumer touchpoints.
Marketing Director Garudafood, Ferry Haryanto, mengatakan, “Kami meluncurkan 55 varian hampers secara eksklusif di Tokopedia saat Ramadan tahun lalu. Dengan bantuan Tokopedia Marketing Solutions, kami berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143% dan peningkatan pendapatan sebesar 179% selama Ramadan 2022.”
Tokopedia Marketing Solutions Bantu Persiapan Pelaku Usaha Menjelang Ramadan 2023
“Melihat hasil signifikan dari pemanfaatan Tokopedia Marketing Solutions oleh berbagai brand termasuk Kintakun dan Garudafood di Ramadan tahun lalu, dan tingginya animo masyarakat untuk berbelanja saat Ramadan tahun ini*pelaku bisnis lain dari berbagai skala juga bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 bersama Tokopedia Marketing Solutions,” kata Edwin.
Tahun ini, Tokopedia #LengkapiRamadan masyarakat lewat berbagai penawaran menarik dan sederet kampanye, seperti Brand Bazaar Pilihan, Ramadan Ekstra, Serbu Official Store, Waktu Indonesia Belanja dan CantikFest. Pelaku bisnis bisa berpartisipasi pada berbagai kampanye tersebut–dan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions–untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, termasuk selama Ramadan 2023.
“Solusi yang kami tawarkan juga semakin beragam dengan adanya integrasi Tokopedia dengan unit bisnis lain dalam kesatuan ekosistem GoTo. Kami akan terus berupaya membantu pelaku bisnis, dari berbagai skala untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia dan ekosistem GoTo demi membantu pemerataan ekonomi secara digital,” tutup Edwin.
Terima kasih untuk Tokopedia sudah memberikan kesempatan untuk Kintakun bisa share mengenai pengalamannya saat menggunakan Tokopedia Marketing Solutions untuk meningkatkan penjualan Kintakun selama Ramadan.
Sumber: Press Release
DLUXE Madana Sprei Fitted
Rp 175,000Rp 89,900Hemat Rp 85,100
Lite Musk High Red Sprei Fitted
Rp 224,000Rp 79,000Hemat Rp 145,000
Bantal Dacron DLUXE
Rp 78,000Rp 42,000Hemat Rp 36,000
Selimut 160 Nirmana Modern
Rp 285,000Rp 125,000Hemat Rp 160,000
Bantal Kesehatan Latex Milk Pillow Kintakun Premium
Rp 1,080,000Rp 750,000Hemat Rp 330,000
DLUXE Marma Sprei Fitted
Rp 250,000Rp 135,000Hemat Rp 115,000
LITE Zenovia Sprei Fitted
Rp 220,000Rp 76,000Hemat Rp 144,000
LITE Devina Sprei Fitted
Rp 318,000Rp 108,000Hemat Rp 210,000