contoh personal branding

kintakun.co.id – Tanggal 29 Juli 2022 lalu, Sahabat Kina mengadakan Online Talkshow Class dengan mengambil tema ‘Women and Mom’s Need Personal Branding’. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan dihadiri oleh para member Sahabat Kina.

Kalau ditanya mengapa mengambil tema ini, jawabannya adalah karena membangun persona diri tidak hanya penting bagi publik figur saja, melainkan untuk semua orang. Personal Branding merupakan salah satu cara memperkenalkan diri kita kepada khalayak luas. Saat kita memiliki keinginan untuk dikenal atau diketahui banyak orang, Personal Branding is a key!

Mengapa Personal Branding penting untuk seorang perempuan?

Ini karena dengan personal branding kita mampu mengembangkan potensi dalam diri dengan tepat. Women & Mom’s dapat membangun personal branding sesuai dengan kepribadian dan kelebihan diri agar tercipta citra diri positif yang akan dengan mudah diterima ketika bersosialisasi dan berkarir.

Sahabat Kina mengadakan mini online talkshow Women and Mom’s Need Personal Branding’ yang diperuntukan bagi para perempuan dan ibu. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang kompeten, menginspirasi dan memberikan insight positif untuk seluruh perempuan, terutama bagi member Sahabat Kina.

 

Apa tujuan Sahabat Kina mengadakan kelas dengan tema Personal Branding?

  • Membuka ruang lingkup baru, relasi sekaligus silaturahmi dengan sesama komunitas.
  • Memberikan kesempatan untuk para Women & Mom’s berelasi antar komunitas dan member.
  • Memberikan edukasi kepada Women & Mom’s tentang pentingnya branding yang dapat meningkatkan persona diri maupun bisnis.
  • Memberdayakan Women & Mom’s untuk produktif dalam membangun nilai kemampuan dan keahlian yang lebih di bidang yang ditekuninya.
  • Membentuk pribadi Women & Mom’s tentang keunikan, identitas, ciri khas, kemampuan, dan hal lain yang menjadikannya berbeda.

Talkshow class ini juga bekerjasama dengan Sadar Ibu yaitu support system platform untuk mengoptimalkan peran perempuan dari segi kesehatan mental.

Talkshow class diisi oleh dua orang narasumber yang inspiratif. Narasumber pertama yaitu Dyah Rahmi Astuti, M.Si., CPR atau biasa dipanggil Bundy (Bunda Dyah) seorang Public Relation Assesor, Trainer Communication Skill, Public Relations, Trainer Public Speaking dan Dosen di salah satu Universitas Negeri di Bandung.

“Dulu personal branding itu selalu dan bahkan hanya dibutuhkan dalam dunia bisnis. Tapi, saat ini personal branding itu sudah dibutuhkan oleh semua aspek. Ketika kita berbicara tentang personal branding ini adalah cara bagaimana kita memperkenalkan diri kita kepada orang lain atau brand value,” jelas Dyah saat menyampaikan materi pada talkshow class Sahabat Kina, 29 Juli 2022 silam.

 

Manfaat Personal Branding

Foto: Unsplash

Dyah juga menjelaskan tentang manfaat personal branding. Menurutnya, personal branding dalam membentuk citra diri yang kita inginkan, memiliki manfaat untuk memperluas relasi, membangun kepercayaan dan mempermudah urusan karir.

Oleh karena itu, dengan personal branding, kita sebagai perempuan bisa menumbuhkan keyakinan terhadap potensi yang ada dalam diri.

“Dengan ini kita bisa menumbuhkan keyakinan kepada potensi yang ada dalam diri kita. Kita akan dilihat secara kredibel dan profesional dalam bidang yang kita fokuskan. Ketika kita membangunnya di media sosial itu bisa mempermudah orang mengetahui dan menilai kita,” ungkap Bundy.

 

Tips apa yang dibutuhkan?

  • Mengenal Diri Sendiri
  • Tunjukkan Bakat & Kemampuan
  • Konsisten & Berkembang
  • Bertindak.

Sedangkan untuk mencapai target personal branding yang baik, Dyah menyampaikan beberapa tips berikut ini.

“Untuk mencapai target personal branding yang baik, dibutuhkan konsistensi dan kesabaran. Jadi gak ada yang instan, semuanya berproses. Tidak ada proses yang mengkhianati hasil, kalau kita mau berproses, mau belajar dan berusaha nantinya kita akan menikmati hasil yang maksimal. Jangan pernah takut untuk gagal, saat kita merasa gagal maka kita tidak akan pernah sukses. Orang bijak mengatakan bahwa KEGAGALAN ADALAH KESUKSESAN YANG TERTUNDA dan itu benar, karena dari kegagalan itulah kita akan belajar,” sambung Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini.

Menutup sesi materi kali ini, Bundy membagikan sebuah pesan motivasi, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-uang. Keunggulan bukanlah sebuah tindakan, melainkan kebiasaan. Inget ya Moms! Kita bisa karena terbiasa, tidak ada yang tidak bisa dalam hidup ini. Yang ada MAU atau TIDAK MAU, ketika kamu mengatakan MAU berarti telah datang satu kesempatan untuk bisa, dan sebaliknya,” pungkasnya.

 

Narasumber kedua yaitu Jessica Carla atau biasa dipanggil Mbak Carla seorang educator-preneur dan founder dari komunitas @wewaw.id. Ini merupakan komunitas edukasi, referensi & pendampingan bagi wanita muda dalam berkarir, berbisnis & menjadi berdaya. Dalam komunitas ini juga ada program mentorship gratis selama 6 bulan dari beragam perempuan hebat.

Apa yang membuat Personal Branding itu amat penting menurut Mba Carla?

Doc. Pribadi

Jessica Carla mengungkapkan, berawal dari mengerjakan hal yang bisa buat membuat happy, bisa ‘doing something’ yang sesuai dengan interest pribadi dan bisa bermanfaat buat orang lain.

“Saat kita mencoba konsisten membuat postingan di media sosial, seperti yang tadi Bundy bilang ternyata banyak media yang kontak dan kerjasama baik itu media, perusahaan atau brand. Kesempatan itu datang dengan sendirinya karena kita coba menjalankan personal Branding melalui salah satunya postingan di media sosial,” ungkap Mba Carla membagikan pengalaman bagaimana dia tersadar dan bagaimana mengaplikasikan personal branding.

Pada dasarnya entitas kita sebagai manusia akan membentuk citra diri kita (penilaian, representasi, kesan, pandangan, anggapan) dari orang lain. Yang perlu kita ingat adalah personal branding itu tidak bisa terjadi hanya satu malam, perlu ada proses dan dilakukan terus menerus.

Ada satu hal yang Mba Carla tekankan untuk diri sendiri tentang personal branding adalah kalau kita ingin menjalankan personal branding orang pertama yang harus kita layani adalah diri sendiri, baru setelah itu target sasaran kita.

“Saat kita serve our self dulu, kita tahu I do this for me and people will follow . Tentu dengan improvement,” kata Mba Carla.

 

Apa yang paling krusial saat membangunnya?

Kita bisa secara bebas memilih ingin dikenal sebagai apa, di mana kita berada kita jadi apa, di tempat lainnya kita jadi apa. Kalau kegiatan di rumah sebagai istri dan ibu, di lingkungan sebagai pebisnis, di kantor sebagai karyawan atau di kampus sebagai mahasiswa maupun dosen. Perlu digaris bawahi yang penting kita memiliki “Core Value”, mau di mana dan sebagai apapun itu kita harus punya ciri khas.

personal branding tips
Foto: Unsplash

Berikut beberapa manfaat yang dirasakan Mba Carla saat membangun branding diri. Di antaranya:

  1. Banyak tawaran pekerjaan, banyak memberikan benefit dari sisi karir pekerjaan.
  2. Dikenal banyak orang dengan branding yang dibuat.
  3. Menjadi sosok yang inspiratif.
  4. Membuat bisnis kita semakin dikenal, dan meningkatkan engaged terhadap bisnis yang kita miliki.
  5. Dapat membangun kepercayaan orang sekitar.

Akhir dari bincang Talkshow Class bersama Mba Carla ditutup dengan membagikan tips untuk membangun branding diri, yaitu:

  • Pahami dirimu sendiri.
  • Tetaplah jadi dirimu yang sebenarnya dengan jadi terbaik versi kamu.
  • Tampilkan diri kita ke orang, segmen, medium dan waktu yang tepat.

“Tell the truth but not whole truth”

Katakan dengan benar, tapi hanya sebagian. Tidak perlu semuanya

Dari kutipan yang disampaikan Mba Carla itu, untuk pembelajaran menggunakan media sosial saat melakukan personal branding. Mana yang dirasa relevan itu yang perlu diposting.

Setelah pemaparan materi bersama pemateri, ada sesi tanya jawab dan sharing dari member Sahabat Kina. Pembahasan selengkapnya bisa cek di channel Youtube Kintakun.

Mau ikut dapat kelas gratis dengan tema dan narasumber yang kredibel? Yuk gabung jadi member Sahabat Kina!

Langsung aja daftar melalui website Sahabat Kina dan dapatkan banyak benefitnya. Mulai dari update event terbaru, campaign & challenge, reward dan yang paling seru kamu berkesempatan menjadi Sahabat Kina of the Year lho!!

Daftarkan diri kamu sekarang juga klik di sini.

Be a Creative Woman & Start Your Business from Home.

 

-46%
Rp 668,750 Rp 361,875

Hemat Rp 306,875

-56%
Rp 285,000 Rp 125,000

Hemat Rp 160,000

-66%
-43%
Rp 612,500 Rp 346,875

Hemat Rp 265,625

-56%
-49%
Rp 78,000 Rp 42,000

Hemat Rp 36,000

-56%
Rp 128,000 Rp 125,000

Hemat Rp 3,000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *